Ketika membeli laptop Acer 4310, kurang lebih 1,5 tahun yang lalu, dalam paket penjualannya sudah diisi system operasi linux LINPUS. System operasi yang baru saya kenal, karena dalam OS linux pun saya pernah pake yang Ubuntu (masih kaku pakenya). OS yang saya gunakan berbasis windows (kemungkinannya sih bajakan :)).

Dengan semangat 45, saya coba instalkan Windows XP Profesional SP 2, awalnya berjalan lancar, proses booting pun lancar…. Sampai pada menu deteksi harddisk muncul pernyataan… (in english tentunya) yang kurang lebih menerangkan tidak ada harddisk pada komputer yang bersangkutan.

Bingung… dan bingung… nah lo harddisk tidak ditemukan…

Coba Tanya pada service center nya… mereka bilang kalau Acer 4310 sudah menggunakan OS LINPUS, kalau mau pakai Windows, harus menggunakan Windows Vista (emang sih spesifikasi nya standar minimal Windows Vista) yang pastinya lelet abis (alias lemot).

Sharing sana sini dapat pencerahan, katanya bisa menggunakan Windows XP SP2 Black Edition, di coba dan benar saja semua berjalan normal. Windowsnya nongol dan full aplikasi nya sudah lengkap. Semua driver juga telah terupdate kecuali beberapa driver yang belum.

Namun masalah buat saya belum berakhir, karena pada Windows XP Black Edition, ada komponen yang tidak aktif dan agar mengganggu. Seperti recent document tidak ada list nya, dan tidak adanya Send To pada jendela Explorer.

Recent Documents sangat bermanfaat apabila kita mengerjakan dokumen dengan terburu-buru waktu menyimpannya. Sehingga tidak memperhatikan disimpan di partisi harddisk (drive: ) mana.

Send To sangat berguna ketika mengirimkan file pada media lain seperti Flashdisk maupun via Bluetooth. Dengan adanya Send To, file yang ada tinggal klik kanan pilih Send To arahkan ke media yang dituju.

Akhirnya merambah ke web nya acer, dan di web resminya tersebut tersedia update BIOS untuk Acer type 4310, download dan sekaligus download juga driver-drivernya yang support Windows XP.

Agar aman, saya ikuti update BIOS under Windows (untungnya sudah ada Windows Black Edition). Kondisi laptop sedang di Charge, double klik file update nya. Tunggu beberapa saat….. selesai.

Restart Windows, masuk BIOS nah muncul item harddisk aktif, disana ada opsi AHCI dan IDE. Pilih opsi IDE.

Ulangi langkah menginstal Windows XP SP2 nya…. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Install Driver juga lancar menggunakan driver yang di download dari website resminya Acer. Fasilitas recent documents dan Send To pun ada.