Printer Canon, terutama IP Family (contoh : IP1000, IP1200, IP1300, IP1500, IP1700, IP1800, IP1880, IP1980 dan keluarganya) memiliki masalah klasik, yaitu ‘blinking’. Mungkin untuk type Printer Canon yang lain dan menggunakan ataupun tidak menggunakan system infus pun memiliki masalah yang sama. (yang disebutkan di atas, pernah menanganinya :))

Penyebabnya secara pasti saya kurang tahu, tapi yang jelas pernah ditangani ke toko servis printer, katanya harus direset biayanya Rp. 25.000,- (waktu belum tahu caranya), atau ganti IC sensor Rp. 150.000,-. Waktu itu ditangani yang direset saja dan keluarlah uang Rp. 25.000,-.

Selidik punya selidik sambil sedikit ngintip apa yang dilakukan service man, akhirnya Printer pun tidak ‘blink’ lagi. Ngobrol kesana kemari dan sedikit bujuk membujuk… dapatlah cara-caranya bagaimana menangani ‘blink’ Printer Canon tersebut.

Ternyata caranya sangat mudah, hanya menggunakan kombinasi 2 tombol yang terdapat pada printer tersebut. Beginilah caranya….

1.       Pastikan kabel power printer terhubung ke sumber utama listrik

2.       Lepaskan kabel power yang terhubung ke printer

3.       Tekan dan tahan tombol power pada printer

4.       (kondisi tombol power masih ditahan) hubungkan kabel power ke printer dengan sempurna dan lampur indikator power printer akan menyala (tetap tahan tombol powernya)

5.       Tekan tombol resume pada printer 2 kali (menekannya nyantai aja)

6.       Lepaskan penekanan pada tombol power printer

Printer pun tidak ‘blink’ lagi dan siap digunakan. Langkah ini dilakukan pada saat printer ‘blink’ saja. Biasanya system akan mendeteksi adanya printer baru terpasang, dan akan muncul alamat printer yang baru pada Printers and Faxes. Gunakan alamat printer yang baru tersebut.

Simpanlah uang anda untuk keperluan yang lain.

 

NB:

Untuk lebih jelasnya masalah per printer an, bergabunglah dengan milis di alamat :

http://indoreset.blogspot.com

About these ads